Terungkap! 3 Alasan Kenapa Kabel iPhone Gampang Rusak, untuk Bisnis Kah?


Buat para pengguna iPhone, mungkin nggak khawatir akan durabilitas dan dukungan perangkat yang dimilikinya guys.
Umumnya mereka bakal lebih khawatir pada durabilitas aksesoris, terutama kabel iPhone yang gampang rusak loh. Kira-kira apa ya penyebabnya?
Nah sudah Saya lansir dari berbagai sumber, inilah dia 3 penyebab kabel iPhone yang gampang rusak. Simak yuk!


Beberapa Alasan Kenapa Kabel iPhone Gampang Rusak

Memang kabel iPhone dibuat gampang rusak untuk keperluan bisnis mereka? Eits... pernyataan ini memang nggak sepenuhnya betul loh guys.
Faktanya ada beberapa penyebab yang membuat kabel iPhone menjadi rapuh dan gampang rusak. Tentu ini sangat berbanding terbalik dengan smartphone yang dimilikinya, kan?

1. Perangkat iPhone yang Berlabel PVC-free
Jika kamu memiliki iPhone, coba perhatikan kotak kemasan atau buku panduannya deh. Pasalnya kamu bisa menemukan label PVC-free, yang artinya perangkat iPhone bebas dari material plastik PVC.

""""alasan-kabel-iphone-gampang-rusak-01""""
PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan salah satu material plastik yang memiliki durabilitas tinggi, punya sifat padat, elastis dan juga tahan lama.
Kenapa PVC dihilangkan dari perangkat iPhone terutama kabelnya?
Nah pada tahun 2009 lalu, aktivis lingkungan Greenpeace berhasil melobi Apple untuk membuat perangkatnya bebas dari material plastik yang satu ini, lewat kampanye bernama "Green My Apple".
Mereka sendiri menganggap, PVC merupakan material plastik yang berbahaya bagi lingkungan, akibat tidak mudah terdegradasi dan hancur dalam waktu lama loh.

2. Desain Kabel iPhone yang Kurang Diperhatikan
Karena larangan penggunaan PVC ini juga membuat Apple harus menggunakan material plastik yang lebih tipis, ringan dan mudah digulung oleh pengguna.
Akibatnya jelas membuat kabel iPhone menjadi mudah rusak, baik saat dilipat maupun ditekuk berulang kali.
Bukan hanya itu, Apple pun tampaknya kurang memperhatikan desain kabel yang dimiliki oleh perangkatnya, termasuk iPad dan Macbook.
""""alasan-kabel-iphone-gampang-rusak-02""""
Misalnya saja penggunaan bagian bernama Strain Relief yang berada di ujung kabel, yang berfungsi untuk melindungi kabel dari tekukan yang bisa mematahkan bagian dalam kabel.
Apple pun hanya menggunakan Strain Relief kecil dan tipis yang gampang patah. Untuk mengakalinya, kamu bisa saja mendapatkannya melalui kabel dari pihak ketiga.
Sayangnya, harganya bisa saja lebih mahal guys. Pasalnya untuk menggunakan kabel lighting saja, perusahaan pihak ketiga harus membayar 30% untuk lisensi produknya loh.

3. Kebiasaan Penggunaan Kabel Buruk
""""alasan-kabel-iphone-gampang-rusak-03""""
Sumber foto: reddit.com
Dan tentu yang terakhir, kabel iPhone yang gampang rusak disebabkan karena menggunakan kabel yang buruk dan diakibatkan oleh pengguna.
Seperti menekuk, menggulung dan menyimpan kabel secara sembarangan. Atau menarik kabel dari ujungnya dengan cara yang salah.
Makanya coba perhatikan lagi cara penggunaan kabel iPhone kamu lagi ya.

 Tips Merawat Kabel iPhone Agar Bisa Bertahan Lama

Nggak afdol memang rasanya kalau tidak menggunakan aksesoris original untuk perangkat sekelas iPhone. Nah Saya juga punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat kabel iPhone kamu.
Harapannya tentu agar aksesoris tersebut lebih bertahan lama ya. Penasaran? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.
  • Gulung dengan benar dan jangan coba menekuk bagian ujung kabel yang berdekatan dengan konektor.
  • Beri perlindungan kabel seperti per pulpen pada bagian ujung kabel atau gunakan cable protector yang tersedia banyak di pasaran.
  • Jangan gunakan iPhone saat sedang melakukan pengisian daya.
  • Tarik bagian konektor kabel saat hendak mencabut, hindari menarik pada bagian kabel ataupun ujungnya (strain relief).
  • Gunakan kabel berbeda jika kamu memiliki berbagai perangkat iPhone dalam satu waktu.

Akhir Kata

Nah itulah dia beberapa penyebab dan alasan kenapa kabel iPhone kamu gampang rusak guys. Kira-kira apakah kamu pernah mengalaminya?

sc : jalantikus.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam Macam Public Relation Tools

Profil Radio Prambors Rasisonia