Hasil Analisis Iklan Media Cetak

Halo! Nama Saya Ariel, Di artikel ini saya akan menganalisa Anatomi serta SWOT dari sebuah Iklan Media Cetak. Iklan yang akan saya analisis adalah iklan dari Jasa Tour & Travel yang di publikasikan di Harian Republika terbitan Senin, 23 Juli 2018.

ANATOMI

Anatomi iklan yang telah saya amati terdapat :
  1. 1. Headline
  2. 2. Sub-Headline
  3. 3. Body Copy
  4. 4. Logo
  5. 5. Baseline
  6. 6. Visual
  7. 7. Flash
  8. 8. Product Shot


1. Headline
Headline dari Iklan Jasa tersebut adalah "NRA TOUR &TRAVEL", yang berarti iklan tersebut menjadikan kata "NRA TOUR & TRAVEL" Sebagai titik perhatian utama dalam iklan tersebut.
2.Sub-Headline
Sub Judul yang tertera di iklan tesebut menjabarkan lebih jauh pesan yang terdapat dalam judul utama.
3.Body Copy
Body copy dari Jasa di atas adalah Pilihan Jasa serta Informasi harga dari setiap Jasa yang ditawarkan oleh Iklan Tersebut.
4.Product Shot
Produck shot dari iklan di atas adalah nama merek produk yang di tawarkan yaitu Garuda Indonesia.
5.Base Line
Baseline yang terdapat di bagian paling bawah dan paling atas menunjukkan Alamat dan website market Jasa NRA.
6.Flash
Dari iklan NRA diatas menunjukkan flash yang memberi tahu diskon yang tertera dengan SnK yang berlaku.
7.Visual
Tampilan informasi dari jasa yang mereka jual, digunakan untuk menambah daya tarik konsumen untuk menggunakan jasa yang mereka tawarkan.
8.Logo
Logo yang tertera di bagian bawah iklan adalah logo perusahaan Tour & Travel NRA

SWOT

1. Strengths (kekuatan)
Kekuatan dari iklan Jasa "NRA TOUR & TRAVEL" adalah jasa yang mereka jual. Dengan nama yg cukup terkenal, mereka sudah sangat terpercaya, mampu memberikan jasa terbaik dengan harga yang pas.Beserta flash yang mereka terterakan dapat menambah angka peningkatan penjualan jasa.
2. Weaknessses (kelemahan)
Kelemahan dari iklan jasa "NRA" adalah dari tampilan iklan yang masih kurang menarik, juga hanya diiklankan di koran.
3. Opportunities (peluang)
Umumnya Keinginan orang-orang untuk pergi keliling dunia serta menjalankan ibadah membuat iklan Jasa Tour & Travel efektif untuk menarik pengguna jasa yang ditawarkan lewat koran ini.
4. Threats (ancaman)
Banyaknya perusahaan privat Travel lain yang menjadi saingan "NRA" juga berbagai jasa Umroh dan Naik haji lain mengharuskan pihak perusahaan untuk meningkatkan publikasi.
Sekian hasil analisis Anatomi dan SWOT dari iklan Jasa "NRA TOUR&TRAVEL". ditulisnya artikel ini adalah tanpa bentuk promosi dari pihak manapun yang mana adalah kewajiban saya sendiri sebagai penulis untuk tugas mata kuliah Perencanaan Strategi Kreatif Iklan, Saya Ariel Rahma, Mahasiswa PLJ Kampus Depok 2018, Terimakasih atas Perhatiannya.

Comments

Popular posts from this blog

Macam Macam Public Relation Tools

Profil Radio Prambors Rasisonia