Cara Reset HP Samsung Semua Tipe | Mudah, Cepat, dan Aman



Mereset HP Samsung seringkali dilakukan untuk mengatasi HP lemot, lupa kunci, dan memperbaiki masalah kerusakan software pada HP.
Proses reset juga sangat direkomendasikan sebelum kamu menjual atau menukar HP kamu, karena semua data yang ada akan dibersihkan.
Dengan mereset, maka HP Samsung kamu akan kembali ke kondisi semula seperti saat pertama kali kamu membeli HP tersebut.
Di bawah ini sudah saya rangkum cara mereset HP Samsung yang bisa kamu lakukan.


Panduan Cara Reset HP Samsung

Ada 3 cara untuk mereset HP Samsung. Langsung saja berikut ini cara untuk mereset HP Samsung semua tipe secara mudah, cepat, dan aman. Simak baik-baik ya!

1. Melalui Menu Pengaturan atau Settings
Cara reset yang satu ini merupakan cara termudah karena kamu nggak perlu install aplikasi lain atau memasukkan kode khusus. Di bawah ini adalah cara melakukannya.
  • Pilih menu Pengaturan atau Settings
  • Gulir atau scroll ke bawah dan cari menu General Management lalu pilih Reset.
  • Klik lagi pada Factory Data Reset/Pengaturan Pabrik.
  • Gulir ke bawah dan klik Reset.
  • Nah, setelah itu HP kamu akan mereset kembali. Perlu diketahui, proses reset ini tergantung seberapa banyaknya file yang tersimpan di HP kamu.
  • Setelah proses selesai, maka HP Samsung kamu akan restart dengan sendirinya dan HP kamu akan kembali ke settingan awal atau bawaan pabrik.
2. Melalui Kombinasi Tombol (masuk ke Recovery Mode)
Cara ini sendiri cukup sering digunakan, khususnya saat terjadi masalah seperti Bootloop. Tapi, sebelum kamu menggunakan cara ini, minimal HP Samsung kamu mempunyai 60% baterai dan semua tombol masih berfungsi normal.
Untuk cara reset melalui Recovery Mode adalah sebagai berikut:
  • Matikan HP kamu. Lalu dalam dalam kondisi mati tekan dan tahan tombol Volume UP/Atas Power Tombol Home secara bersamaan. Tunggu sampai HP kamu menyala dan masuk ke menu Recovery Mode seperti gambar berikut.
"""cara-reset-hp-samsung-recover-mode-JT"""
  • Untuk memilih menu, kamu gunakan tombol volume atas atau bawah dan fungsi tombol Home/Power (tergantung tipe) kini menjadi tombol OK/Yes.
  • Selanjutnya, pilih menu Wipe Data/Factory Reset dan klik OK (Home untuk melakukan reset).
Proses reset sendiri bisa memakan waktu sekitar 5-10 menit tergantung seberapa banyak file yang tersimpan di memori internal HP kamu.
  • Setelah Factory Reset selesai, kamu pilih lagi menu Reboot System Now, maka handphone samsung tesebut akan restart.
3. Dengan kode reset HP Samsung
Cara reset HP Samsung yang terakhir adalah dengan memasukkan kode USSD atau Unstructured Supplementary Service Data. USSD yaitu kombinasi * (bintang), angka, dan # (pagar). Biar nggak bingung berikut ini caranya:
  • Kamu langsung saja masuk ke aplikasi telepon atau phone.
  • Lalu ketik kode: * 2767 *3855# lalu tekan tombol Call atau OK.
  • Selanjutnya, HP Samsung milikmu akan melakukan reset secara otomatis.
Setelah di-reset, HP Samsung kamu akan kembali ke pengaturan awal atau pengaturan bawaan pabrik. Ini artinya, semua data-data yang sebelumnya tersimpan akan terhapus.
Data-data yang dimaksud adalah kata sandi, aplikasi, daftar kontak, musik, foto, video, voice recorder, email, dan lain sebagainya akan hilang tanpa jejak setelah kamu mereset HP Samsungmu.
Untuk itu, saya sarankan, sebelum mereset HP Samsung, kamu cadangkan atau back-up data-data penting terlebih dahulu ke PC/Laptop, Flashdisk, Harddisk Eksternal atau microSD . Ini supaya nggak ikutan terhapus. Sayangkan kalau semuanya hilang!

Akhir Kata

Itulah dia 3 cara reset HP Samsung semua tipe dengan mudah, cepat, dan aman.
Dari ketiga cara yang telah disebutkan barusan, kamu bisa pilih salah satu cara yang kamu anggap paling gampang. Semoga berhasil mereset HP Samsung-nya!


sc: jalantikus.com

Comments

Popular posts from this blog

Macam Macam Public Relation Tools

Profil Radio Prambors Rasisonia